SAP S/4HANA: Definisi dan Kegunaannya pada Operasional Perusahaan

Era sekarang penting kepada perusahaan skala menengah atau besar untuk menggunakan Enterprise Resource Planning (ERP). SAP S/4HANA adalah versi terbaru SAP ERP untuk mengatur semua urusan perusahaan sesuai tuntutan zaman serba digital.

Platform ERP ini menjadi software untuk membantu perusahaan mengatur dan menyatukan semua bagian penting. Apa saja? Mulai dari manajemen keuangan sampai kepada hal produksi, seperti pembelian, penjualan dan distribusi.

ERP yang sudah mengalami pembaruan akan membantu Anda dalam mengambil keputusan penting. Tidak heran, SAP S/4HANA menjadi kebutuhan wajib buat untuk meningkatkan semua proses dalam hal manajemen sampai operasional bisnis Anda.

Dengan SAP S/4HANA, maka segala hal dalam proses dan kinerja perusahaan akan tampak lebih mudah dan cepat berkat fitur dan kecepatan yang diberikan. Simak artikel berikut ini untuk mengetahui penjelasan SAP S/4HANA lebih lengkap.

Definisi SAP S/4HANA?

Apa itu SAP S/4HANA? Jika merujuk pada namanya, S/4 artinya simple (S) dan generasi keempat (4). S/4HANA Cloud itu seperti SAAS. Jika Anda menggunakan aplikasi ini di Cloud, letak server berada di tempat jauh. 

Jika Anda butuh ERP yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan, versi lokal adalah pilihan terbaik. Jika ada kebutuhan baru setelah instal S/4HANA di kantor, tim IT Anda dapat mengurusnya atau menggunakan jasa konsultan untuk mengerjakannya. 

Jika menggunakan pake S/4HANA on the Cloud, konfigurasinya sudah ditentukan berdasarkan praktik terbaik SAP. Jadi, Anda memiliki sedikit kendali dan sistemnya jadi kurang fleksibel.

Sekarang mari, mencari tahu tentang fitur di dalam ERP baru ini. HANA adalah platform In-Memory yang dipasang pada server Anda. Database In-Memory ini akan merangkum data di memori utama, bukan seperti di dalam disk yang ada pada versi ERP SAP sebelumnya. 

Singkatnya, ketika Anda menyimpan data di memori utama, ini akan membuat data lebih cepat dan bisa langsung digunakan pada pekerjaanya. Dengan begitu, ERP dapat memberikan respon langsung untuk melihat dan mengotak-atik data secara real time. 

Bahkan jika jumlah data-nya sangat besar, ini bukan suatu masalah. Selain itu, data disimpan ke dalam kolom-kolom. Platform In-Memory dan penyimpanan data semacam itu akan membuat proses analisis menjadi lebih cepat.

Jadi, Anda akan merasa pekerjaan mulus tanpa hambatan. SAP S/4HANA juga akan menambah kemampuan komputasi ketika menggunakan ERP. 

Beberapa catatan penting, jika Anda ingin memiliki versi lokal, Anda harus memiliki sejumlah perangkat  yang diperlukan. Anda juga harus memiliki tenaga kerja yang memiliki kemampuan teknis. Seperti, memelihara perangkat dan ERP. 

Pemeliharaan tersebut mencakup pembaruan sistem SAP dan mencakup penghentian sistem sementara ketika memiliki risiko kegagalan.

 

Pentingnya Proses Data Real Time untuk Perusahaan

Untuk pengguna ERP, memperoleh data terbaru setiap waktu merupakan suatu keharusan. Praktik ini dapat ditemukan saat mengecek stok dan urusan pengadaan barang. Ini juga menjadi hal krusial dalam penjualan dan pengiriman (distribusi) barang.

Data real time memberikan informasi kepada Anda untuk tahu di mana pesanan pelanggan berada. Proses data real time benar-benar dibutuhkan manajemen perusahaan baik yang sifatnya strategis maupun sehari-hari:

 

  1. Keputusan yang Anda ambil akan menjadi lebih mantap karena berdasarkan data terbaru. Ditambah lagi, ERP punya fitur analisis canggih untuk mengatur semua perencanaan
  2. Anda dapat mengikuti perkembangan perusahaan, karyawan, alat kerja, dan trend terbaru di pasar dengan mudah
  3. Anda dapat merespons langsung masalah stok atau selisih dengan rencana yang sudah tersedia
  4. Anda bisa menyesuaikan dashboard sesuai kebutuhan spesifik. Jadi, semua orang bisa mengakses data yang mereka butuhkan kapan saja untuk menambah produktivitas kerja.

SAP ERP versi sebelumnya menggunakan data statis dan mati. Dengan versi terbaru, data disimpan di memori untuk dapat menemukan data langsung atau real time. Selain itu, anda dapat membuat prediksi atau proyeksi untuk mengembakan bisnis dengan tujuan strategis.

Alat pelaporan berkinerja tinggi memungkinkan pengguna melakukan analisis dan laporan 1000 kali lebih cepat dari sebelumnya.

Keunggulan penyimpanan data In-Memory ini mencakup pada mendorong kecepatan akses data dan kemampuan pada kapasitas analisis terhadap data besar, terstruktur dan tidak terstruktur yang dapat berasal dari sistem berbeda.

 

Cara Mengintegrasikan SAP S/4HANA ke Perusahaan

Anda siap untuk memulai transformasi digital? Pada umumnya, proses implementasi dan integrasi SAP S/4HANA membutuhkan waktu lama sekitar 3 sampai 6 bulan.

Proses integrasi perlu dilakukan bersama orang-orang berpengalaman. Tujuannya, untuk memberikan kenyamanan bekerja kepada karyawan. Mereka tidak akan dibuat sibuk untuk mengurus detail-detailnya. 

Karena ini ERP versi terbaru, perubahan yang terjadi juga akan sangat besar dan harus mengubah struktur dan proses bisnis secara keseluruhan. Ada beberapa pendekatan dalam mengerjakan integrasi ini, salah satunya adalah greenfield yang memulai semua dari awal

S/4HANA dapat dijalankan secara internal di server atau juga di cloud. Pengerjaan SAP akan ditangani oleh pekerja teknisnya seperti pembaruan, keamanan, dan manajemen datanya. Karyawan hanya perlu memasukkan data dan memilih proses, analisis, dan hubungan antar data yang dibutuhkan.

 

Keuntungan Menggunakan SAP S4/HANA

SAP S/4HANA bekerja menggunakan basis data In-Memory yang bisa memproses data real time. Versi terbaru akan membuat perubahan digital menjadi lebih baik di bisnis Anda sekarang. Tentu, Anda akan menemukan keuntungan lainnya selama menggunakan ERP terbaru ini, berikut pembahasannya.

  1. S/4HANA Membuat Teknologi Informasi Menjadi Lebih Ringkas
    SAP terbaru ini dapat memudahkan pengelolaan dan administrasi infrastruktur IT. Dahulu kerap ada kendala pemrosesan data di ERP lama karena ketergantungan antar data. Sekarang, SAP S/4HANA akan mempercepatnya lewat basis data In-Memory.
  2. Membuat UX Menjadi Lebih Baik
    S/4HANA sudah mengalami modifikasi untuk memberikan pengalaman pengguna (UX) yang sempurna. Jadi, pengguna dapat dengan mudah masuk ke berbagai halaman, termasuk daftar “to-do” dan laporan soal aktivitas selama memiliki akses. Tampilannya diperbarui agar dapat menyesuaikan selera, responsif, dan sederhana. Ini tentu sangat membantu untuk membuat pengguna dapat lebih adaptif dalam pengoperasiannya.
  3. Dapat Memiliki ERP Dua Level
    SAP S/4HANA bisa diatur dalam dua level, sebagai versi pusat dan cabang. Versi pusat memiliki fitur penting seperti keuangan. Sementara cabang-cabangnya akan mendapatkan fiturs sesuai kebutuhan operasional.

 

Tetapi, semua data dikumpulkan dalam database yang sama sehingga lebih mudah untuk mengkonsolidasi di pusat. Ini juga berguna untuk perusahaan yang sering merger dan akuisisi. Selain itu, Anda juga bisa berbagi ERP bersama vendor, distributor, kontraktor, dan mitra bisnis lainnya.

Di SAP S/4HANA, semua aspek terhubung ke satu inti. Ini membuat perusahaan dapat menjalankan semuanya dengan lebih teratur. Mulai hal operasional, seperti pembelian bahan baku sampai pada soal keuangan, penjualan, dan kinerja karyawan. 

Dengan mengguna versi baru SAP S/4HANA, maka pperusahaan Anda akan siap menuju transformasi digital dengan lebih lengkap. Cara kerja, data, dan orang-orang yang terlibat. S/4HANA akan menjadi jantung untuk membuat perusahaan Anda menjadi cerdas dan terpercaya.

Looking for a SAP Solutions Partner and Strategic Consultant?

Open chat
Hello! Can we help you? :)

Please fill in your full name and office email address so we can answer your queries accordingly.