Cloud HR: Solusi Terbaik untuk Mengelola Tenaga Kerja

 

                                       Gambar 1: Ilustrasi Solusi Teknologi HR (Sumber: www.vistacreate.com)

Saat ini, banyak perusahaan menghadapi banyak tantangan seperti persaingan yang ketat, ketidakpastian ekonomi, dan kesulitan perekrutan. Para leader HR mengajukan beberapa pertanyaan sulit untuk mengatasi tantangan ini, seperti:

 

    • Bagaimana cara menggunakan data karyawan dan penggajian dengan lebih baik untuk mengurangi biaya dan menawarkan gaji yang kompetitif?
    • Bagaimana cara membuat sistem HR yang lebih relevan dan mudah digunakan bagi karyawan?
    • Bagaimana cara meningkatkan proses untuk mengurangi risiko compliance?

Untungnya, ada solusi untuk semua pertanyaan tersebut. Solusinya adalah menggunakan solusi software yang terpusat dan gesit. Software ini harus terintegrasi dan beroperasi secara real-time, menghubungkan dan menyatukan semua operasional bisnis di cloud.

Apa yang membuat Cloud HR menjadi solusi win-win?

Cloud HR adalah solusi yang menguntungkan semua pihak karena memberikan berbagai manfaat untuk perusahaan dan karyawan, termasuk:

 

    • Meningkatkan employee experience

Cloud HR menawarkan user experience yang lebih baik dan dapat diakses dari mana saja dan kapan saja, sehingga karyawan dapat dengan mudah mengakses informasi dan layanan HR yang mereka butuhkan. Hal ini dapat meningkatkan kepuasan karyawan dan produktivitas mereka.

 

    • Meningkatkan produktivitas dan efisiensi

Cloud HR dapat membantu mengotomatiskan dan menyederhanakan proses HR. Hal ini dapat menghemat waktu dan tenaga karyawan, sehingga mereka dapat fokus pada tugas-tugas yang lebih penting.

 

    • Integrasi lokal dan global

Cloud HR dapat membantu standarisasi proses HR di seluruh perusahaan, baik secara lokal maupun global. Hal ini dapat memudahkan kerja sama dan koordinasi antar tim.

 

    • Meningkatkan keamanan dan compliance

Cloud HR dapat membantu menjaga data HR tetap aman. Hal ini dapat membantu perusahaan menghindari pelanggaran data dan masalah compliance.

 

    • Meningkatkan efisiensi biaya

Cloud HR dapat membantu mengurangi biaya HR, seperti biaya hardware, software, dan maintenance.

Bagaimana platform HR terpusat memberikan manfaat secara global?

Survei American Opportunity yang dilakukan oleh McKinsey dan Ipsos menunjukkan bahwa sistem kerja fleksibel dan jarak jauh telah meningkat pesat sejak tahun 2019. Hal ini juga termasuk peningkatan pekerja freelance.

Sebelum menggunakan platform HR terpusat, perusahaan memiliki sistem HR yang berbeda-beda di setiap wilayah. Hal ini menyebabkan proses pengelolaan karyawan menjadi tidak efisien dan efektif. Solusi HR cloud-based dapat membantu mengatasi tantangan ini. Dengan menggunakan platform HR terpusat, perusahaan dapat:

 

    • Mengelola semua karyawan, baik lokal maupun global, dengan satu sistem yang sama.
    • Menyesuaikan tunjangan, cuti, dan fitur penjadwalan dengan peraturan lokal di masing-masing wilayah.
    • Memproses penggajian dan faktur dalam berbagai mata uang dengan nilai tukar yang terbaru.
    • Mendukung manajemen perusahaan dan best practice dalam pengelolaan karyawan dan proses HR dalam berbagai bahasa.
    • Menggabungkan data HR dengan data lainnya untuk menghasilkan laporan analisis yang komprehensif.

HR di cloud: Compliance dan risiko

Perusahaan menghadapi risiko yang semakin besar dalam hal compliance HR. Jumlah gugatan terhadap perusahaan telah meningkat secara dramatis dalam beberapa tahun terakhir. Perusahaan juga menghadapi tantangan baru dalam compliance HR terkait tenaga kerja multi-regional, pekerja freelance, dan tren diversity, equality inclusion & belonging (DEI&B).

Solusi HR cloud dapat membantu organisasi mengurangi risiko ini. Dengan solusi HR cloud, organisasi dapat mengintegrasikan aplikasi HR dengan sistem lainnya, memanfaatkan kekuatan analisis data lanjutan, dan menerima pemberitahuan tentang informasi hukum dan peraturan terbaru secara real-time.

Kapan saat yang tepat untuk memindahkan fungsi core HR ke cloud?

Gartner memperkirakan bahwa pada tahun 2025, sebagian besar perusahaan akan menggunakan infrastruktur cloud. Hal ini karena cloud menawarkan berbagai manfaat, termasuk fleksibilitas, skalabilitas, dan keamanan. Ketika perusahaan pindah ke cloud, mereka dapat mengintegrasikan solusi HR mereka dengan sistem bisnis lainnya, sehingga dapat meningkatkan operasi global mereka. Oleh karena itu, perusahaan harus memprioritaskan operasional HR mereka dan memanfaatkan nilai data dan fungsi core HR mereka.

Kesimpulan

Perusahaan saat ini menghadapi berbagai tantangan, termasuk persaingan yang ketat, ketidakpastian ekonomi, dan kesulitan perekrutan. Cloud HR adalah solusi yang dapat membantu perusahaan mengatasi tantangan ini dan meningkatkan kinerja bisnis. Cloud HR menawarkan berbagai manfaat, termasuk meningkatkan employee experience, meningkatkan produktivitas dan efisiensi, integrasi lokal dan global, meningkatkan keamanan dan compliance, dan meningkatkan efisiensi biaya. Selain itu, cloud HR juga dapat membantu perusahaan menerapkan best practice, mengelola tenaga kerja multi-regional, dan meningkatkan compliance. Perusahaan perlu mempertimbangkan untuk memindahkan fungsi core HR ke cloud ketika mereka sudah siap untuk memanfaatkan nilai data dan fungsi core HR mereka.

Referensi

www.sap.com

 

Open chat
Hello! Can we help you? :)

Please fill in your full name and office email address so we can answer your queries accordingly.