Penyusunan Standard Operating Procedure (SOP)
- December 24, 2020
- Posted by: Equine Global
- Category: Information
Salah satu perusahaan yang bergerak di bidang kelapa sawit (selanjutnya disebut “Perusahaan”) tengah mengembangkan bisnisnya dalam mencapai tujuan kesinambungan usaha jangka panjang. Perusahaan berkomitmen ingin memberikan nilai tambah bagi internal perusahaan dan mempertahankan keunggulan dalam menghadapi persaingan bisnis melalui upaya penerapan praktik baik Good Corporate Governance (GCG).
Untuk mencapai tujuan tersebut, sebagai tahap awal PT Equine Global selaku konsultan yang ditunjuk membantu Perusahaan dalam menyusun Standard Operating Procedure (SOP) untuk mengetahui bagaimana value kinerja dari operasional Perusahaan. SOP merupakan dokumen tertulis yang berisikan prosedur kerja secara rinci, bertahap, teratur, dan sistematis. SOP sangat penting karena Perusahaan dapat memastikan bahwa setiap tindakan atau keputusan yang diambil dapat berjalan dengan efektif dan efisien sesuai dengan tujuan Perusahaan.
Penyusunan SOP dilakukan berdasarkan review atas proses bisnis, struktur organisasi, dan job description saat ini melalui proses wawancara dan review dokumen. Hal ini berguna sebagai bahan dalam mendesain proses bisnis, merumuskan strategi bisnis, mendesain pemetaan bisnis proses, merancang, hingga mendesain dan menjalankan SOP kedepannya.
Writer:
Nila Zetha
Consultant – PT Equine Global