Penyusunan IT Master Plan

IT Master Plan adalah suatu dokumen perencanaan yang dibuat oleh unit/divisi Teknologi Informasi suatu perusahaan sebagai panduan jangka panjang terkait inisiatif proyek, anggaran, kepegawaian, dan inisiatif terkait strategi TI lainnya dalam mendukung pencapaian visi dan misi perusahaan.

Dokumen IT Master Plan sangat penting karena dengan adanya perencanaan yang matang untuk pengembangan TI ke depannya sesuai tujuan bisnis perusahaan, maka proyek dan investasi TI yang akan dilakukan menjadi lebih efektif dan efisien dalam mencapai tujuan utama perusahaan.

Salah satu klien Equine yang merupakan anak perusahaan yang bergerak di bidang penyediaan dukungan teknologi informasi untuk penerbangan, membutuhkan suatu perencanaan teknologi informasi yang dapat selaras dengan visi dan misi perusahaan. Hal tersebut didukung oleh fakta di mana inisiatif-inisiatif peningkatan layanan TI saat ini masih dilakukan secara ad hoc (tanpa perencanaan) sehingga menyebabkan banyak hal-hal penting banyak yang terlewatkan.

Equine menyediakan solusi penyusunan dokumen IT Master Plan untuk perusahaan yang mengacu pada best practice umum seperti TOGAF, COBIT, ISO 27001, ISO 20000 dan ITIL.

Proses penyusunan dokumen IT Master Plan dibagi menjadi 2 tahapan, yaitu tahap assessment dan formulasi. Pada tahap assessment, konsultan menggali informasi dan memotret kondisi saat ini pada perusahaan tersebut terkait hal-hal berikut:

  • Visi dan misi Teknologi Informasi;
  • Kebutuhan bisnis terhadap TI;
  • Arsitektur informasi saat ini;
  • Arsitektur aplikasi saat ini;
  • Arsitektur teknologi saat ini;
  • Tata Kelola TI saat ini.

Tujuan dari tahap assessment ini adalah untuk mengidentifikasi kesenjangan/gap dengan membandingkan kondisi TI saat ini terhadap best practice yang digunakan. Dengan mengacu kepada best practice, kami memberikan rekomendasi high level untuk perbaikan kesenjangan yang ada.

Pada tahapan selanjutnya yaitu tahap formulasi, dilakukan penyusunan rekomendasi target yang ingin dicapai berdasarkan ke 6 poin pada tahap assessment sebelumnya dan dituangkan ke dalam inisiatif-inisiatif dan roadmap implementasi untuk mencapai target tersebut.

Dengan adanya penyusunan dokumen IT Master Plan, klien kami memiliki acuan yang komprehensif dalam melakukan pengembangan teknologi informasi di kurun waktu 5 tahun mendatang. Diharapkan dokumen tersebut dikelola dan diperbaharui secara berkala sesuai perubahan yang akan berdampak terhadap dokumen tersebut

Writer:

Primayendi Fardhal Ashari

Strategic Consultant – PT Equine Global

Looking for a SAP Solutions Partner and Strategic Consultant?

Open chat
Hello! Can we help you? :)

Please fill in your full name and office email address so we can answer your queries accordingly.