Tips Mempertahankan Nilai IT Maturity Level setelah Beralih ke Framework COBIT 5 maupun COBIT 2019

Tips Mempertahankan Nilai IT Maturity Level setelah Beralih ke Framework COBIT 5 maupun COBIT 2019

Saat ini, IT Maturity telah diakui sebagai tolak ukur dalam menilai pengelolaan TI di Perusahaan. Sebelum tahun 2021, COBIT 4.1 menjadi framework yang umum digunakan dalam mengukur IT Maturity Perusahaan. Seiring dengan perkembangan standar Tata Kelola TI, saat ini COBIT 5 maupun COBIT 2019 menjadi framework yang lebih umum untuk digunakan dalam mengukur IT Maturity Level Perusahaan. Hal tersebut juga didukung dengan adanya Pedoman Pelaksanaan IT Maturity Level BUMN dengan nomor surat S-122/MBU/DSI/05/2021, yang menyatakan COBIT 5 dan COBIT 2019 sebagai framework umum yang diterima dan digunakan dalam menilai IT Maturity Level Perusahaan, terutama Badan Usaha Milik Negara. 

Dalam pedoman yang disampaikan oleh Kementerian BUMN tersebut, nilai IT Maturity Level minimal yang diharapkan dapat dicapai oleh seluruh Badan Usaha Milik Negara adalah 3.0 dengan menggunakan framework COBIT 5 maupun COBIT 2019. Dimana nilai 3.0 sendiri dapat dicapai apabila proses Tata Kelola TI sudah dilakukan secara konsisten dan diatur melalui pendefinisian dan pelaksanaan dokumen-dokumen berupa Pedoman, Kebijakan, Prosedur, Instruksi Kerja, maupun Kertas Kerja yang menjadi dasar dalam pengelolaan TI di perusahaan.

Adapun dalam realisasinya, IT Maturity Level Perusahaan tidak selalu dapat mencapai nilai 3.0, terlebih dengan setelah dilakukan penyesuaian metode assessment dari COBIT 4.1 menjadi COBIT 5 maupun COBIT 2019. Tidak jarang terjadi pada beberapa perusahaan yang sudah berhasil mencapai nilai IT Maturity Level 3.0 dengan menggunakan framework COBIT 4.1, akan tetapi ketika dinilai dengan menggunakan COBIT 5 maupun COBIT 2019, tidak mencapai nilai 3.0 dan bahkan menghasilkan nilai di bawah 2.0.

Secara umum, terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meminimalkan IT Maturity Level Perusahaan yang “terjun bebas” dengan adanya penyesuaian COBIT 4.1 menjadi COBIT 5 maupun COBIT 2019, antara lain:

  1. Melakukan penyesuaian Dokumen Tata Kelola TI berupa berdasarkan framework COBIT 5 maupun COBIT 2019
  2. Memastikan pelaksanaan proses-proses TI telah dilakukan sesuai dengan Pedoman, Kebijakan, maupun Instruksi Kerja yang berlaku di perusahaan
  3. Memastikan pelaksanaan proses-proses TI dilakukan secara konsisten dan didokumentasikan dengan baik sebagai bukti pelaksanaan proses-proses TI

Dengan dilaksanakannya 3 poin diatas, diharapkan Nilai IT Maturity Level Perusahaan dapat mencapai target nilai serta memberikan dampak positif bagi perusahaan melalui pengelolaan TI yang baik dan sesuai dengan standar yang berlaku secara Internasional. Untuk mengoptimalkan pencapaian target IT Maturity Level Perusahaan, pihak ketiga juga memiliki peran yang krusial untuk memastikan pelaksanaan Tata Kelola TI dilakukan sesuai dengan framework COBIT 5 maupun COBIT 2019. Equine Global dengan tenaga ahli yang tersertifikasi mampu menjadi partner untuk memastikan pelaksanaan Tata Kelola TI Perusahaan dapat dilakukan secara optimal dan dapat memberikan nilai tambah bagi perusahaan yang tercermin dari peningkatan nilai IT Maturity Level Perusahaan.

Penulis :

Timotius Alfin

Strategic Consulting PT Equine Global

Looking for a SAP Solutions Partner and Strategic Consultant?

Open chat
Hello! Can we help you? :)

Please fill in your full name and office email address so we can answer your queries accordingly.