Project Re-Sertifikasi ISO 27000-1:2013 pada Perusahaan BUMN di Bidang Asuransi Jasa

Pekerjaan proyek re-sertifikasi ISO 27000-1:2013 perusahaan BUMN di bidang asuransi jasa adalah sebuah contoh pelaksanaan proyek yang dilaksanakan dengan baik dan juga dapat dikerjakan dengan tempo yang cukup cepat. Pekerjaan dilaksanakan dengan baik meskipun timeline pekerjaan dipercepat sampai dengan hampir 50% dikarenakan strategi bisnis klien yang membutuhkan dengan segera lisensi ISO 27000-1:2013.

Dalam pelaksanaan proyek re-sertifikasi ISO 27000-1:2013 di Jasindo, terdapat beberapa halangan dan masalah, beberapa diantaranya adalah:

  • Timeline proyek yang dipercepat
  • Dokumentasi implementasi yang belum lengkap

Oleh karena masalah tersebut, maka ada beberapa penyesuaian yang dilakukan oleh tim konsultan agar tetap dapat menyelesaikan pekerjaan tersebut. Berikut adalah tindakan yang dilakukan oleh tim konsultan:

  • Untuk menyikapi timeline proyek yang dipercepat, maka tim konsultan memotong beberapa step pekerjaan seperti gap analisis yang langsung diganti dengan pelaksanaan internal audit. Hasil dari internal audit kemudian menjadi dasar perbaikan sebelum pelaksanaan audit sertifikasi.
  • Terkait dengan dokumentasi implementasi yang belum lengkap maka tim konsultan melengkapinya secara paralel, selama masa gain understanding.

Dengan pendekatan seperti diatas, maka pekerjaan proyek re-sertifikasi ISO 27000-1:2013 di Jasindo dapat dilaksanakan dengan baik.

Writer:

Raditya Christ Cahya Sakti

Strategic Consultant – PT Equine Global

Leave a Reply

Looking for a SAP Solutions Partner and Strategic Consultant?

Open chat
Hello! Can we help you? :)

Please fill in your full name and office email address so we can answer your queries accordingly.