Penilaian Tingkat Kematangan TI dengan Best Practice COBIT 2019

Equine Consulting Service (ECS) dari Equine Global dipercaya untuk melakukan proyek Penilaian Tingkat Kematangan TI (IT Maturity Assessment) dengan best practice COBIT 2019 pada perusahaan BUMN di bidang pertambangan. COBIT 2019 merupakan best practice tata kelola TI yang baru dengan peningkatan dari versi sebelumnya (COBIT 5) dari sisi implementasi yang lebih preskriptif, relevansi dengan standar terbaru, serta lebih fleksibel dan terbuka dalam menyelaraskan konteks bisnis dan tata kelola TI dengan Tailoring IT Governance.

Sebagai perusahaan BUMN sektor pertambangan maka perusahaan ini memiliki persyaratan compliance, profil risiko, enterprise strategy dan tantangan permasalahan IT yang spesifik di bidangnya. Sehingga dibutuhkan tailoring IT governance atau desain implementasi tata kelola TI yang mempertimbangkan konteks bisnis yang ada dengan COBIT Design Factor. Dengan mengacu 11 design factor dari COBIT, Konsultan ECS dapat membentuk governance system design yang sesuai dan selaras dengan konteks dan kebutuhan bisnis perusahaan BUMN ini.

Hasil dari tailoring IT governance tersebut adalah tingkat kepentingan (high, moderate, low) dan target nilai tingkat kematangan yang berbeda-beda dari setiap proses yang ada di COBIT 2019. Dengan mengetahui tingkat kepentingan dan target nilai ini, perusahaan dapat memfokuskan perhatian dan sumber daya yang ada untuk memenuhi kebutuhan tingkat kematangan (maturity) pada proses yang bersifat prioritas terlebih dahulu.

Proyek TI Maturity dengan COBIT 2019 ini berlanjut dengan proses review dokumentasi implementasi tata kelola TI. Proses ini bertujuan untuk menilai kecukupan dokumentasi sebagai bukti kerja dan penilaian terhadap keselarasan dengan best practice.

Selanjutnya pada proses interview Konsultan berdiskusi dengan tim IT dalam hal ini sebagai pelaksana yang menjalankan proses tata kelola TI. Pada proses ini Konsultan mendapatkan gambaran mengenai proses tata kelola TI yang berjalan saat ini, kendala yang dihadapi, dan potensi perbaikan yang ada.

Sehingga pada tahap akhir proyek Konsultan menyampaikan hasil penilaian tingkat kematangan yang mencakup kecukupan implementasi tata kelola TI, kekurangan yang ada serta rekomendasi pemenuhan. Rekomendasi tingkat kematangan yang diberikan tetap disesuaikan untuk memenuhi target yang berbeda-beda setiap proses sesuai dari hasil tailoring IT governance.

Manfaat yang didapat perusahaan dari proyek ini adalah mendapatkan awareness terhadap implementasi tata kelola yang sesuai dengan best practice serta mengetahui tingkat kematangan yang ada saat ini. Selain itu perusahaan juga mendapatkan tingkat prioritas dalam implementasi tata kelola TI sehingga dapat memfokuskan sumber daya untuk proses tata kelola yang lebih spesifik. Rekomendasi yang dihasilkan juga dapat digunakan untuk mencapai target tingkat kematangan. Sehingga diharapkan laporan yang dihasilkan dapat bermanfaat untuk peningkatan implementasi tata kelola TI di perusahaan ini.

Writer:

Arden Bawono

Equine Strategic Consultant

Looking for a SAP Solutions Partner and Strategic Consultant?

Open chat
Hello! Can we help you? :)

Please fill in your full name and office email address so we can answer your queries accordingly.