Pendekatan CRM Sebagai Bentuk Komunikasi Perusahaan Asuransi Kepada Customer

CRM Asuransi - Equine Global - S/4HANA - SAP Indonesia - SAP ERP - IT Consulting - ISO 27001

Pendekatan CRM Sebagai Bentuk Komunikasi Perusahaan Asuransi Kepada Customer

RM (Customer Relationship Management) adalah Sebuah sistem informasi yang terintegrasi dan digunakan untuk merencanakan, menjadwalkan dan mengendalikan aktivitas layanan kepada customer di dalam perusahaan.  

Tujuan CRM untuk mengetahui sebanyak mungkin apa saja kebutuhan dan perilaku customer, hasilnya digunakan untuk evaluasi perusahaan apakah sudah optimal atau belum dalam memberikan layanan dan mempertahankan hubungan antara customer dan perusahaan yang sudah ada. 

Dengan pendekatan CRM, menjalin kedekatan perusahaan dengan customer dapat dilakukan menggunakan email / short message / whatsapp. Seperti ucapan ulang tahun kepada customer, pemberitahuan informasi terbaru mengenai program yang diikuti customer dan follow up keluhan yang pernah dilaporkan customer kepada layanan aduan. Hal tersebut membuat customer merasa lebih dihargai, diperhatikan dan puas terhadap layanan yang diberikan. Dari sisi perusahaan pun mengetahui bahwa customer tersebut masih aktif dan dapat memberikan layanan jangka panjang sebagai bentuk maintenance terhadap customer.

Berdasarkan project yang dikerjakan beberapa bulan lalu, Saya berkesempatan untuk melakukan pendampingan terhadap review sistem yang sudah dimiliki oleh perusahaan sebagai Operation Consultant. Adapun sistem yang dimaksud adalah sistem pelayanan yang dimiliki perusahaan dan digunakan oleh peserta untuk melakukan proses pendaftaran, pengajuan klaim dan pengaduan.

Berikut ini merupakan pendekatan CRM telah ditetapkan oleh perusahaan asuransi tersebut di sistem layanan, seperti:

Layanan Informasi Sistem menampilkan semua program yang dikelola perusahaan dan peserta dapat memilih sesuai dengan kebutuhannya. Sistem tersebut juga menampilkan apabila peserta ingin berhenti dari program yang diikuti.
Layanan Kepesertaan Sistem menampilkan bagaimana customer dapat bergabung mengikuti program yang tersedia, segala persyaratan yang perlu dilengkapi dan terms and condition yang telah disepakati.
Layanan Pengaduan Sistem menampilkan bagaimana customer dapat mengajukan komplain apabila terjadi kendala dengan program yang diikuti. Pada sistem pengaduan ini, perusahaan berkewajiban untuk memberikan solusi terhadap keluhan customer dengan jangka waktu (SLA) yang sudah ditetapkan.

Dalam hal ini, semua sistem layanan yang dimiliki perusahaan sudah dapat diakses oleh customer service di kantor cabang. Sehingga mengurangi risiko double entry ataupun datanya tidak lengkap. Hal tersebut menunjukkan cara perusahaan untuk dapat terus berinteraksi dengan customer. Dengan harapan, customer selalu mendapatkan fasilitas yang terbaik. Kemudian di akhir project, kami memberikan dokumen berupa rekomendasi terhadap sistem. Fitur apa saja yang perlu ditingkatkan dan perlu ada tambahan fitur baru untuk meningkatkan layanan yang diberikan.

Beberapa keuntungan yang dirasakan saat perusahaan sudah menerapkan CRM:

  • Layanan pelanggan rapi dan teratur. Hal tersebut memudahkan perusahaan dalam menentukan masalah terbanyak yang sering dihadapi customer dan perusahaan dapat menyelesaikannya sesuai dengan SOP yang berlaku.
  • Perusahaan dapat melakukan analisis trend secara cepat, hal tersebut berpengaruh terhadap pengambilan keputusan guna perbaikan sistem layanan yang lebih baik di kemudian hari.
  • Perusahaan dapat mengakses data secara aktual.
  • Dengan adanya sistem yang sudah terintegrasi dengan CRM, maka keamanan data terjamin karena setiap karyawan yang mengakses data harus memiliki account yang sudah dilengkapi role-nya masing-masing.

Dewasa ini, perusahaan mulai paham betul dengan kehadiran pendekatan CRM. Sistem aplikasi tersebut dapat membantu berjalannya bisnis kita lebih baik dalam hal kepuasan customer, mencari customer baru, mempertahankan customer yang sudah ada dan evaluasi terhadap sistem yang sedang berlangsung. 

Jika ingin mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai konsultasi terhadap sistem, maka dapat menghubungi kami melalui contact@equine.co.id

Penulis :

Ayu Widya Prameswari 

Operation Consultant  PT Equine Global

Leave a Reply

Looking for a SAP Solutions Partner and Strategic Consultant?

Open chat
Hello! Can we help you? :)

Please fill in your full name and office email address so we can answer your queries accordingly.