Mengenal LTMC SAP S/4HANA

MENGENAL LTMC S/4HANA

SAP selalu membuat perkembangan di era modern, dimana saat ini versi SAP S/4HANA sudah banyak diterapkan ke berbagai macam perusahaan. SAP S/4HANA mulai dikembangkan dan dikenalkan ke publik pada tahun 2015, dan versi SAP yang terus berkembang ini pun turut diikuti oleh tools upload sebagai penunjang data migrasi.

Tools upload adalah sebuat alat penunjang data dari luar SAP untuk dapat masuk ke dalam sistem SAP. SAP menyediakan berbagai macam tools upload diantaranya adalah BDC (Batch Data Communication), LSMW (Legacy System Migration Workbench), BAPI (Business Application Programming Interface), LTMC (Legacy Transfer Migration Cockpit). Proses recording biasa menggunakan tools BDC, LSMW.

Untuk support, tools upload saat ini yang direkomendasikan untuk digunakan pada SAP S/4HANA adalah LTMC. Sedangkan LSMW sudah tidak direkomendasikan penggunannya pada SAP S/4HANA. LTMC telah menyediakan template object yang dapat digunakan sebagai media pengisian data yang akan diupload. LTMC merupakan migration cockpit berbasis browser Web Dynpro dimana untuk mengakses pada SAP on premise cukup menginput Tcode LTMC dan secara langsung membuka browser baru. Sedangkan pada SAP on cloud cukup dengan memilih “Manage your solution” pada launchpad.

 

A screenshot of a document Description automatically generated

Pada artikel kali ini kita akan fokus membahas LTMC saja, dimana LTMC pada S/4HANA 1909 memiliki 3 pendekatan untuk migrasi/upload data:

 

    1. Transfer data menggunakan File (Format Excel)
    2. Transfer data menggunakan staging tables
    3. Transfer data secara langsung dari sistem SAP

Berikut adalah step-step penggunaan LTMC dengan sample upload data GL (General Ledger) Master Data dengan pendekatan menggunakan file.

 

    1. Tcode LTMC
    2. Click Create pada browser

 

A screenshot of a computer Description automatically generated

 

    1. Input deskripsi Project dan pilih dengan sample ingin transfer menggunakan file

 

A screenshot of a computer Description automatically generated

 

    1. Pilih Migration Object Template dengan sample pilih  GL account

 

A screenshot of a computer Description automatically generated

 

    1. Pilih Download Template

 

A screenshot of a computer Description automatically generated

 

    1. Lengkapi kolom-kolom pada template tersebut

 

A screenshot of a computer Description automatically generated

 

    1. Upload File Excel tersebut dengan ketentuan tidak boleh melebihi 100 MB (Format xml) dan 160 MB (Format zip)

 

A screenshot of a computer Description automatically generated

 

    1. Pilih file yang telah diupload tersebut dan klik “Activate”

 

A screenshot of a computer Description automatically generated

 

    1. Klik “Start Transfer”

      Untuk proses transfer terdiri dari 4 stage yaitu:

      1. Validation

      Untuk memvalidasi data yang diinput pada template apakah sudah benar. Jika                  masih  salah, maka validasi akan muncul error dan perlu diperbaiki  data  uploadnya          terlebih dahulu. Jika sudah benar, maka perlu di klik “next” untuk melanjutkan proses            conversion.

2. Conversion

       Pilih item dan aktifkan, lalu klik “Confirm Mapping Values” dan “Next” untuk proses                 simulation.

A screenshot of a computer Description automatically generated                       

      3. Simulation

       Klik “Close” Ketika sudah selesai proses simulasi. Jika masih salah,                                             maka  proses tidak dapat dilanjutkan dan perlu diperbaiki titik errornya. Jika benar,              maka klik “Next” untuk lanjut ke proses eksekusi.

       4. Execution

        Klik “Close” Ketika sudah selesai proses simulasi. Jika masih salah, maka                                  proses  tidak dapat dilanjutkan dan perlu diperbaiki titik errornya. Jika benar,                          maka klik “Next” untuk lanjut ke proses eksekusi.

A screenshot of a computer Description automatically generated

LTMC mendukung untuk bisnis proses S/4HANA dalam proses migrasi baik dari sistem SAP maupun non-SAP ke SAP S/4HANA. Tool upload ini menggunakan file Excel XML yang dapat diisi data yang akan diupload baik untuk keperluan master data maupun transaksi. LTMC dapat meng-convert source ke targetnya secara otomatis. Selanjutnya dapat dilakukan simulasi untuk mendetect adanya error atau tidak. Tentunya ini sangat cocok digunakan untuk keperluan migrasi ke SAP S/4HANA supaya tidak terhambat.

Pada versi S/4HANA 2021 ke atas fungsi LTMC hanya dapat melakukan display dan untuk tool upload nya akan digantikan oleh “Migrate Your Data-Migration Cockpit”. Sehingga oleh SAP merekomendasikan untuk pengguna S/4HANA 2020 mulai menggunakan aplikasi baru “Migrate Your Data” melalui Fiori. “Migrate Your Data” ini mengkombinasikan pendekatan transfer data melalui file dan staging table dengan nama “Migrate Data Using Staging Table”

Kelebihan dari LTMC dibandingkan upload tools sebelumnya adalah:

 

    • Proses upload data yang lebih mudah
    • Tidak ada lagi fitur recording 
    • User Friendly (User dapat menggunakan tool upload ini sehingga tidak bergantung lagi kepada konsultan SAP)
    • LTMC dapat dioperasikan melalui Fiori
    • Memberikan kemudahan dalam pengisian template
    • Template dapat digunakan kembali

Pada akhir kesimpulan, LTMC ini digunakan untuk tool upload pada SAP S/4HANA. Tidak hanya konsultan yang bisa menggunakan tool upload ini, namun user juga dapat menggunakannya. Karena pada LTMC memiliki keunggulan user friendly dimana step-step yang disediakan mudah dipahami, dan sudah tersedia template sesuai data yang ingin diupload. LTMC dapat digunakan hingga SAP S/4HANA version 2020, namun SAP merekomendasikan pada SAP S/4HANA version 2020 untuk mulai beralih ke tool upload baru yaitu “Migrate Your Data” Fiori.

Referensi:

Migrate your Data – Migration Cockpit / LTMC on SAP Fiori | SAP Blogs

 

Open chat
Hello! Can we help you? :)

Please fill in your full name and office email address so we can answer your queries accordingly.