IT Maturity Assessment | Seberapa Mature-kah IT di Perusahaan Anda?

IT Maturity Assessment adalah proses kajian dan penilaian kondisi pengelolaan TI saat ini untuk mengetahui tingkat kematangan (maturity) pengelolaan TI perusahaan menggunakan kerangka kerja COBIT. Salah satu klien Equine Consulting Group yaitu perusahaan BUMN yang bergerak di bidang jasa keuangan ingin melakukan peningkatan proses pengelolaan TI nya dengan melakukan IT Maturity Assessment menggunakan COBIT 5.

Penerapan dan pemanfaatan teknologi informasi (TI) di perusahaan saat ini menjadi hal yang sangat lumrah dan penting. Hampir di seluruh bidang industri memanfaatkan TI untuk menunjang proses bisnisnya. Bahkan di beberapa industri tertentu seperti layanan keuangan, bank, dsb. TI digunakan sebagai ujung tombak/enabler untuk dapat unggul dalam bersaing. Di sisi lain, investasi TI membutuhkan biaya yang besar dan juga memiliki tingk at risiko yang besar.

Seperti yang kita ketahui, untuk dapat menerapkan TI secara maksimal agar memberikan nilai/value yang tinggi bagi perusahaan membutuhkan sumber daya dan pengelolaan TI yang baik serta sistematis. Agar dapat mengelola TI dengan baik dapat menggunakan acuan dan kerangka kerja tata kelola TI yang umum digunakan yaitu COBIT (Control Objective for Information and Related Technology). Secara umum, perusahaan yang telah menggunakan dan memanfaatkan TI untuk menunjang bisnisnya memiliki organisasi/unit TI yang bertugas untuk merencanakan, mengembangkan dan mengelola layanan TI agar dapat memberikan manfaat untuk perusahaan.

Namun, perusahaan perlu mengetahui apakah pengelolaan TI yang dilakukan sudah cukup baik dan matang. Karena pengelolaan TI yang tidak baik akan berisiko dan berdampak pada investasi TI yang membengkak, pengguna TI yang komplain, aplikasi yang dikembangkan bermasalah, atau bahkan terhentinya proses bisnis perusahaan karena terjadi gangguan TI. Risiko-risiko tersebut sangat mungkin terjadi apabila TI perusahaan tidak dikelola dengan baik. Untuk mengetahui seberapa matang (mature) pengelolaan TI di perusahaan maka perlu dilakukan IT Maturity Assessment.

Tahapan IT Maturity Assessment

IT Maturity Assessment - Tahapan

Pelaksanaan IT Maturity Assessment, Equine Consulting Services melakukan beberapa hal seperti tahap assessment dan formulasi. 

  • Pada tahap assessment, dilakukan kajian kondisi pengelolaan TI saat ini berdasarkan requirement pada kerangka kerja COBIT 5. Pengelolaan TI yang dikaji mencakup struktur organisasi, kebijakan, framework, prosedur, formulasi TI serta praktik penerapannya. Dari pelaksanaan assessment ini akan didapatkan kesenjangan dan nilai IT Maturity.
  • Pada tahap formulasi, dilakukan penyusunan rekomendasi tindak lanjut atas kesenjangan yang teridentifikasi agar perusahaan dapat memperbaiki dan meningkatkan pengelolaan TI yang berdampak kepada peningkatan nilai IT Maturity sesuai target yang diharapkan.
Manfaat yang Didapat Dengan Melakukan IT Maturity Assessment

IT Maturity Assessment | Manfaat

Kementerian BUMN mempersyaratkan perusahaan BUMN untuk memiliki nilai IT Maturity (tingkat kematangan) 3.00. Nilai tersebut cukup tinggi untuk dapat diimplementasikan di perusahaan sehingga dengan dilakukannya IT Maturity Assessment, perusahaan dapat mengetahui tingkat kematangan TI-nya saat ini dan seberapa jauh kesenjangan untuk dapat mencapai nilai yang dipersyaratkan BUMN.

Selain itu, dengan adanya rekomendasi perbaikan dan peningkatan, perusahaan dapat memiliki panduan dan roadmap untuk peningkatan pengelolaan TI menuju nilai kematangan yang ingin dicapai.

Penulis :

Primayendi Fardhal Ashari

Strategic Consultant PT Equine Global

Leave a Reply

Looking for a SAP Solutions Partner and Strategic Consultant?

Open chat
Hello! Can we help you? :)

Please fill in your full name and office email address so we can answer your queries accordingly.