Evaluasi Kualitas Sistem Informasi dengan Standar ISO 25010

Sistem Informasi pada era digitalisasi saat ini, memiliki peran yang penting dalam mendukung peningkatan proses bisnis yang lebih kompetitif dan time to market. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk mengetahui kualitas suatu Sistem Informasi dan mengidentifikasi apakah Sistem Informasi yang diharapkan telah efektif dan menghasilkan manfaat sesuai dengan yang diharapkan pengguna. Namun, tentu saja mengukur kualitas sistem perlu mempertimbangkan berbagai karakteristik model kualitas (quality model) sebagai landasan dari sistem evaluasi kualitas produk.

ISO 25010 - Equine Global - S/4HANA - SAP Indonesia - SAP ERP - IT Consulting - ISO 27001

Salah satu pedoman Quality Model yang dapat digunakan adalah standar ISO/IEC 25010 yang memiliki 2 jenis model kualitas, yaitu Quality in Use Model dan Software Product Quality Model. Kedua model ini dapat digunakan dalam melakukan evaluasi dan pengukuran kualitas suatu perangkat lunak dengan menggunakan karakteristik pada masing-masing model kualitas tersebut. Selain itu, kedua model tersebut juga dapat digunakan sebagai referensi untuk mengetahui peningkatan kualitas yang diperlukan.

  1. Quality in Use Model

Model ini biasanya digunakan untuk menilai sejauh mana suatu sistem dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan bisnis. Terdapat 5 karakteristik kualitas seperti yang disampaikan pada diagram dibawah ini:

ISO 25010 - Equine Global - S/4HANA - SAP Indonesia - SAP ERP - IT Consulting - ISO 27001

Penjelasan karakteristik kualitas Sistem Informasi dengan Quality in Use Model:

    • Effectiveness: Karakteristik untuk mengukur akurasi dan kelengkapan Sistem Informasi dalam mencapai tujuan bisnis.
    • Efficiency: Karakteristik untuk mengukur sumber daya yang dikeluarkan untuk membangun akurasi dan kelengkapan informasi.
    • Satisfaction: Karakteristik untuk mengukur sejauh mana Sistem Informasi dalam memenuhi kebutuhan bisnis.
    • Freedom from Risk: Karakteristik untuk mengukur sejauh mana suatu Sistem Informasi dalam memitigasi risiko, baik secara economical, behaviour, lingkungan, dsb. 
    • Context Coverage: Karakteristik untuk mengukur sejauh mana suatu Sistem Informasi digunakan dengan efektif sehingga menimbulkan kepuasan pada pengguna Sistem Informasi.

2. Software Product Quality Model

Model ini hanya dapat diterapkan pada aplikasi dengan 8 karakteristik kualitas sebagai berikut:

ISO 25010 - Equine Global - S/4HANA - SAP Indonesia - SAP ERP - IT Consulting - ISO 27001

Evaluasi kualitas Sistem Informasi memerlukan pendekatan yang cermat dan sistematis. Langkah pertama adalah perlu memiliki pemahaman terhadap karakteristis kualitas berdasarkan ISO 25010, sehingga kita dapat mengidentifikasi kertas kerja yang dapat digunakan untuk melakukan evaluasi. Setelah itu, mengukur kualitas berdasarkan kertas kerja yang telah disusun.Selanjutnya barulah kita dapat mengetahui kualitas Sistem Informasi beserta langkah peningkatan apa yang diperlukan.

Adapun beberapa manfaat penggunaan ISO 25010 diantaranya:

  1. Standar Internasional, hal ini memberikan keseragaman standar secara nasional maupun internasional dalam penilaian kualitas Sistem Informasi yang akhirnya mengarah kepada peningkatan kualitas produk. 
  2. Efisiensi Pengembangan, membantu dalam mengidentifikasi cacat atau masalah kualitas sejak awal dalam siklus pengembangan. Dengan mendeteksi dan memperbaiki masalah lebih awal, organisasi dapat menghemat waktu dan sumber daya yang mungkin diperlukan untuk perbaikan. 

—-

Ditulis oleh: Intan Dwiyanti – IT Operations Consulting Manager

Daftar Pustaka:

  1. Made Dwi Mulyawan, I Nyoman Satya Kumara. (2021). Kualitas Sistem Informasi Berdasarkan ISO/IEC 25010:Literature Review. www.academia.edu
  2. Berander, P, L -. O Damm, J Eriksson, T Gorschek, K Henningsson, P Jönsson, S Kågström, D Milicic, F Mårtensson, and K Rönkkö. 2005. “Software Quality Attributes and Trade-Offs,” no. January.
  3. Rexy. (2023). Kriteria Penilaian Kualitas Perangkat Lunak Berdasarkan ISO 25010. www.isoindonesiacenter.com
Open chat
Hello! Can we help you? :)

Please fill in your full name and office email address so we can answer your queries accordingly.