Apa itu SAP Profitability and Performance Management?

 

 

Banyak perusahaan menjadikan pengoptimalan profitabilitas dan kinerja sebagai prioritas utama. Tujuannya adalah untuk meningkatkan efisiensi, kinerja, dan menciptakan value bisnis, serta mengelola dan menghasilkan profit. CFO sering kali hanya fokus pada pencapaian target profitabilitas dan kinerja yang ditetapkan. Padahal, untuk dapat mengelola faktor-faktor yang mempengaruhi profitabilitas dan kinerja perusahaan secara proaktif, diperlukan insight dan tools yang tepat.

Perusahaan memiliki peran penting dalam mengoptimalkan kinerja dan profitabilitas perusahaan. Namun, masih banyak yang mengandalkan spreadsheet sebagai alat Financial Planning & Analysis (FP&A), yang kurang efektif dan efisien. Penelitian menunjukkan bahwa hanya 30% perusahaan yang mengelola profitabilitas produk dengan sangat baik dan hanya 25% mengelola profitabilitas customer dengan sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa ada peluang besar bagi perusahaan untuk meningkatkan kemampuannya dalam mendukung  profitabilitas dan kinerja bisnis. Dengan berinvestasi pada alat dan insight yang tepat, perusahaan dapat memainkan peran yang lebih strategis untuk  mencapai tujuan.

SAP Profitability and Performance Management (PaPM) adalah solusi enterprise performance management yang dapat membantu perusahaan dari berbagai industri untuk memahami dan meningkatkan kinerja mereka. Solusi ini dapat digunakan untuk mengelola dan menjalankan kalkulasi, rules, dan simulasi yang kompleks. Dibangun di SAP HANA, SAP PaPM dapat mengakses data bisnis dari berbagai sumber, termasuk sistem SAP dan non-SAP.

SAP PaPM dapat diimplementasikan sesuai kebutuhan perusahaan di cloud. Perusahaan dapat menggunakan SAP PaPM secara terpisah atau diintegrasikan dengan produk SAP lainnya untuk meningkatkan efektivitas solusi SAP lainnya dengan menyediakan analisis dan laporan yang lebih mendalam, seperti SAP S/4HANA, SAP BW/4HANA, SAP BPC, SAP FRDP, dan lain-lain. Hal ini dilakukan dengan memperluas insight user melalui advanced modeling dan granular analysis.

SAP PaPM memiliki 3 kemampuan utama, yaitu:

 

    1. Simulation Application: Membantu user untuk menjalankan skenario what-if untuk melihat dampak dari perubahan pada kinerja bisnis. Berdasarkan granular analysis, SAP PaPM dapat menampilkan hasil dari high-level hingga sangat detail.
    2. Calculation Engine: Membantu user untuk membuat dan menjalankan financial model dan model bisnis. Alat ini dapat digunakan untuk berbagai tujuan, termasuk profitability and allocation, plan and forecast modeling, funds and liquidity transfer pricing, risk, capital and solvency, cash flow modeling, data access, enrichment, processing control, analysis and reporting, dan process extensions.
    3. Business Data Aggregator: Mengintegrasi data dari berbagai sumber, baik SAP maupun non-SAP.

 

 

Gambar 2: Fitur SAP PaPM (sumber: www.sap.com)

Bagaimana SAP PaPM membantu perusahaan?

SAP PaPM berperan dalam membantu perusahaan meningkatkan kinerja dan profitabilitas mereka. Solusi ini menyediakan alat berbasis cloud yang mudah digunakan dan konten best practice, memungkinkan user untuk membuat dan mengelola model profitabilitas serta proses bisnis yang terkini dan fleksibel. Selain itu, SAP PaPM memiliki integrasi yang kuat dengan berbagai solusi SAP lainnya, seperti SAP S/4HANA, SAP S/4HANA Cloud, SAP BW/4HANA, dan SAP Analytics Cloud, sehingga perusahaan dapat memperoleh insight yang lengkap dan akurat tentang kinerja perusahaan mereka.

SAP PaPM menggunakan teknologi SAP HANA untuk memberikan real-time insight mengenai kinerja perusahaan menggunakan teknologi cloud. Solusi ini juga menawarkan berbagai manfaat seperti biaya yang terjangkau, skalabilitas, dan kemudahan pemeliharaan sistem. Dengan fitur analisis biaya dan profitabilitas yang kuat, simulasi real-time, dan pemodelan skenario yang fleksibel, SAP PaPM dapat membantu perusahaan memperoleh insight yang akurat dan komprehensif tentang kinerja bisnis mereka. Insight ini dapat digunakan untuk membuat keputusan bisnis yang lebih baik. Solusi SAP PaPM juga mendukung pemrosesan data yang cepat untuk pengambilan keputusan real-time. Hal ini sangat valuable dalam lingkungan bisnis yang dinamis.

Apa yang membedakan SAP PaPM dari Enterprise Performance Management lainnya?

 

    1. SAP PaPM memiliki sejumlah perbedaan signifikan yang membedakannya dari Enterprise Performance Management (EPM) lainnya. Pertama, SAP PaPM menggunakan teknologi in-memory SAP HANA untuk mempercepat berbagai aspek, seperti perhitungan, workflow, dan simulasi what-if. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk memperoleh insight yang lebih cepat dan membuat keputusan yang lebih akurat.
    2. SAP PaPM menawarkan tingkat elastisitas yang tinggi. Bisnis dapat dengan mudah memperluas kapasitas SAP HANA Cloud dan data lake sesuai dengan kebutuhan mereka. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk menyesuaikan SAP PaPM dengan kebutuhan spesifik mereka.
    3. SAP PaPM mempersingkat time-to-value. Solusi ini dilengkapi dengan simulasi what-if dan lebih dari 50 konten bisnis yang siap digunakan. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk mulai memanfaatkan manfaat SAP PaPM dengan cepat dan mudah.
    4. SAP PaPM memiliki kemampuan untuk mengintegrasikan berbagai sumber data perusahaan dan eksternal. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk mendapatkan insight yang lebih komprehensif dan membuat keputusan yang lebih akurat.

Agar pembaca lebih mendapat gambaran tentang aplikasi ini maka berikut adalah tampilan interface dari SAP PaPM yang akan didapatkan jika perusahaan mengimplementasikan aplikasi ini:

 

 

 

Gambar 3: Carbon footprint breakdown chart di SAP PaPM (sumber: www.sap.com)

 

 

Gambar 4: Contoh process chart di SAP PaPM (sumber: www.sap.com)

 

 

Gambar 5: Contoh process chart di SAP PaPM (sumber: www.sap.com)

 

 

Gambar 6: D2C sustainability what-if simulation di SAP PaPM (sumber: www.sap.com)

 

 

 

Gambar 7: Map dengan pie charts menandakan emisi CO2 pada seluruh value chain di SAP PaPM (sumber: www.sap.com)

 

 

 

Gambar 8: Group overview distribusi pajak per perusahaan di SAP PaPM (sumber: www.sap.com)

Kesimpulan

SAP PaPM adalah sistem yang valuable bagi perusahaan yang ingin meningkatkan profitabilitas dan kinerja mereka. SAP PaPM dapat membantu perusahaan membuat keputusan bisnis yang lebih baik, mengelola dan meningkatkan proses bisnis mereka, serta mendapatkan insight yang lebih baik tentang kinerja mereka.

Jika Anda ingin meningkatkan profitabilitas dan kinerja perusahaan Anda, hubungi contact@equine.co.id hari ini untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana SAP PaPM dapat membantu Anda.

Referensi 

www.sap.com

 

Open chat
Hello! Can we help you? :)

Please fill in your full name and office email address so we can answer your queries accordingly.